Jufi Adakan Khitan Holiday III di Pesantren Persis Rancabango Garut

Kabarnanggroe.com, Jawa Barat – Memasuki musim libur sekolah, Jurnalis Filantropi Indonesia (Jufi) mengadakan Khitan Holiday ke-3 di Garut Jawa Barat. Dalam program ini, Jufi menggandeng Pesantren Persis 99 Rancabango sebagai mitra kegiatan.

Ketua Jufi, Wiyanto mengatakan kegiatan yang bekerjasama dengan beberapa donatur ini bertujuan membantu masyarakat sekitar pesantren. Ia bersyukur kegiatan Khitan Holiday selalu mendapat apresiasi positif dari masyarakat.

“Alhamdulillah kegiatan yang sudah kita canangkan sejak bulan Syawal lalu telah terlaksana. Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada para asatidz di Pesantren Rancabango, teman-teman panitia, dan seluruh pihak yang telah berkontribusi,” ujar Wiyanto dalam sambutannya, Senin (24/6/2024).

Wiyanto melanjutkan, selain bernilai ibadah, khitan juga dapat membantu kebersihan dan kesehatan organ vital anak laki-laki. Ini sesuai dengan tagline Jufi: Anak Sehat, Bangsa Kuat.

“Semoga anak-anak yang disunat hari ini menjadi anak yang shaleh, kuat, cerdas, dan cita-citanya tercapai. Dan orang tuanya menjadi orang tua yang shaleh dan uswah (teladan) bagi anak-anaknya,” tuturnya.

Salah satu asatidz Persis Rancabango, Ustadz Tsabit Nurrahman menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Jufi dan para sponsor kegiatan. Ia berharap kegiatan ini dapat berlanjut di tahun-tahun mendatang.

“Alhamdulillah kami ucapkan terima kasih kepada Jufi dan para donatur Khitan Holiday, semoga dapat terus memberikan kebermanfaatan dan kemaslahatan yang lebih luas untuk umat dan masyarakat. Teriring doa jazakumullah khairan, semoga pencapaian perusahaan yang sudah membantu semakin berkembang dan berkah,” ucapnya.

Rangkaian kegiatan Khitan Holiday dimulai sejak Sabtu (22/6/2024), peserta khitan diarak sekitar Garut kota menggunakan odong-odong. Pada Ahad (23/6) bakda subuh, peserta kumpul di Masjid Manarul Islam Pesantren Rancabango dan menuju Klinik Cipanas.

Seusai dikhitan di klinik, peserta kembali ke pesantren dan mendapat berbagai fasilitas. Di antaranya baju koko, obat-obatan, nasi tumpeng, roti buaya, kue bolu, mainan, dan uang saku. “Hatur nuhun pisan Pak,” ucap salah satu orang tua, Wawan (41) sambil bersalaman dengan panitia.

Kegiatan Khitan Holiday ke-3 terlaksana atas dukungan berbagai donatur, di antaranya Biofarma, LPPOM MUI, Yayasan Amaliah Astra, JNE, dan BSI Maslahat. Rencananya, Khitan Holiday ke-4 akan dilaksanakan di Kuningan Jawa Barat pada Desember mendatang. (Herman/Sayed M. Husen)