Halal bi Halal dan Peusijuk Jemaah Haji Kementerian Agama Aceh Besar: Membangun Ukhwah yang Kokoh Menuju Haji yang Mabrur

Kabarnanggroe.com, Kota Jantho — Kantor Kementerian Agama (Kankemnag) Kabupaten Aceh Besar menggelar acara Halal bi Halal dan Peusijuk Jemaah Haji Keluarga Besar Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar dengan tema “Menyambung Ukhwah Mempererat Tali Silaturahmi Menggapai Haji yang Mabrur”. Acara berlangsung di Gedung PLHUT Aceh Besar, Jantho, pada Selasa, 30 April 2024.

Kakankemenag Aceh Besar, H Saifuddin SE, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri 1445 Hijriah dan memohon maaf lahir dan batin selama bertugas enam bulan di Aceh Besar. Saifuddin juga memberikan apresiasi kepada abdi sipil negara (ASN) atas kemajuan dan peningkatan kinerja, terutama dalam aspek kedisiplinan dan kualitas layanan kepada masyarakat. Ia menganggap pencapaian ini sebagai hasil dedikasi para ASN yang luar biasa.

Lebih lanjut, Saifuddin menekankan pentingnya makna Ramadhan dalam membentuk jati diri yang lebih kompak dan menjauhkan sikap serta perilaku yang tidak baik. Ia mengajak para ASN untuk menjaga kekompakan sebagai insan Kemenag, karena ada pihak yang mungkin tidak menginginkan kemajuan mereka.

Menurut Saifuddin, momen setelah berakhirnya Ramadhan seharusnya menjadi waktu untuk menjaga kekompakan sesama insan Kemenag, meskipun ada perbedaan prinsip. Ia menegaskan bahwa hakikat Ramadhan bukan hanya tentang puasa, tetapi juga tentang menjadikan diri bersih, sabar, dan takwa.

Pada kesempatan itu, Saifuddin juga menyoroti pentingnya tepung tawar sebelum berangkat haji sebagai simbol membersihkan jiwa dan raga. Ia mengajak para Jemaah Calon Haji (JCH) dari ASN Kemenag untuk menjaga marwah Kemenag dan jemaah haji Aceh Besar, karena selalu diakui sebagai jemaah terbaik yang patuh.

Saifuddin juga mengajak para ASN Kemenag untuk menjadi duta kebaikan bagi jemaah haji dalam Kloter dan jemaah lainnya, serta menghindari sifat iri dan dengki. Ia berdoa agar semua ASN dapat menjaga kesucian hati dan mampu melaksanakan ibadah haji dengan baik serta mendapatkan haji mabrur.

Dalam acara yang dihadiri oleh Kasubbag TU Kankemenag Aceh Besar, H Khalid Wardana MSi, Kasi Haji, Azahri, Kasi Bimas Islam, dan Ketua Dharma Wanita Kankemenag Kabupaten Aceh Besar tersebut, diakhiri dengan doa untuk keselamatan dan kelancaran ibadah haji para jemaah. Semoga semangat ukhwah yang terjalin di acara tersebut terus terpelihara dan membawa berkah bagi semua pihak.(Cek Man)